Tips – Tips Mengatasi CMOS EROR

     Cmos_checksum Error…? dan tiap kali booting (nyalain komputer) harus tekan F1 saat pesan cmos checksum error muncul. trus tanggal komputer diset otomatis sama komputer jadi tanggal 01 jan 2000 (sesuai tgl produk cmos). dan tidak bisa mengatur Tanggal/Waktu langsung dari dekstop.., Bisanya melalui BIOS…:

Berikut Solusi Nya..:

1. Ganti Batre CMOS -> Bisanya Batre CMOS anda sudah habis, jadi secara otomatis tanggal dan Waktu tidak berfungsi karena Cmos seprti Jam tangan/Dinding yg membutuhkan Batre.

Perlu diperhatikan juga.., Lihat Gambar DiBawah ini..:

 

Pastikan yg dilingkari di gambar masih ada.., dan anda juga bisa menarik/sedikit membengkokan ke atas, agar kutub psitif batre bisa  benar” menempel..

Lihat Gambar Berikutnya di bawah ini..:

Pastikan juga bagian yg di Lingkari pada gambar itu sudah menempel pada kutub negatif pada batre CMOS., karena biasanya Batre yg sebelumnya dan yg baru itu ketebalan’a berbeda,, bisa jadi tidak nempel kutub Negatifnya., jika terjadi hal itu(tidak nempel) anda bisa akali dengan menyelipkan lempeng tembaga (seperti di mainan Tamia pada tempat batre’a yg berwarna Emas/apalah warnanya..

CATTING : Setelah itu anda menyeting ulang bios dengan masuk ke bios setting, sesuaikan setting TGL&Waktunya, stelah itu SAVE Tekan F10.

 Jika Solusi 1 tak Berhasil,, Coba Solusi Berikutnya.. :

2.  membersihkan MotherBoard dari debu .

3. Peripheral tambahan (Souncard, VGA Card, dll) kaki-kaki goldplatenya dibersihin pake Penghapus .

4. ganti kabel yg udah Uzur (kabel HDD ato Power Supply)

Mudah-mudahan dengan solusi” di atas bisa kembali NORMAL,, kalo masih tetep EROR, Kemungkinan Besar MotherBoard yg udh jebol/RUSAK.

MENDETEKSI KERUSAKAN (checksum error)

Hidupkan Komputer/Restart jika kondisi komputer sedang hidup..

biasanya bios melakukan cek terhadap peripheral atau perangkat yang terpasang pada system atau apa yang disebut dengan POST, nah biasanya bila ada peripheral yang terpasang ada masalah bios akan melaporkan kesalahan tersebut dengan checksum error atau bisa dengan bunyi beep. Bunyi beep setiap bios mungkin berbeda tergantung dari merk biosnya, saya contohkan untuk bios merk AWARD BIOS :

Bunyi beep 1x pendek
artinya kompie dalam kondisi normal, tidak ada masalah.

Beep 1x panjang, 2x pendek

Kemungkinan ada gangguan pada video adapter, video adapter rusak atau tidak terpasang dengan baik, kabel monitor mungkin tidak terpasang dengan baik pada video adapter.

Beep panjang berulang-ulang tanpa henti

Kemungkinan ada gangguan pada memori.

Beep 1x panjang, 3x pendek

Kemungkinan ada gangguan pada video/ VGA card, video card belum terpasang.

Beep dengan suara keras saat pc hidup

Kemungkinan prosessor overheat.

Beep berulang-ulang dengan keras.

Kemungkinan gangguan pada prosessor. Mungkin prosessor tidak terpasang dengan baik atau rusak. periksa kipas prosessor dan setting bios untuk kecepatan kipas CPU.

Nah untuk solusi dari permasalahan anda, check dengan bunyi yang keluar dari bios supaya masalah bisa terdeteksi dengan cepat. untuk selain merk AWARD bisa cari tanda beep di situs vendor masing-masing.

untuk lebih aman coba ubah setting bios pada kondisi default/ settingan dari pabrikannya. untuk masalah checksum error…..reset cpu freq, mungkin anda pernah melakukan overclocking, coba kembalikan settingan freq cpu ke defaultnya atau ke settingan standard, karena overclock yang berlebihan juga akan merusak system dan cpu. tanggal selalu berubah biar udah ganti batt cmos, coba pake battere eksternal dengan cara memindahkan jumper ke posisi eksternal kemudian pasang batterai eksternal yang telah disiapkan. untuk mengetahui posisi jumper dan konektor battere eksternal pada MB anda, lihatbuku manualnya.

jadi jangan buru-buru ganti cmos, kalo ada masalah dengan cmos, masih banyak jalan lain menuju roma kata pepatah sih…

Mungkin cukup sekian Tips – Tips Mengatasi CMOS EROR ..

Semoga Bermanfaat…

Jika ada pertanyaan.,  kirim saja Pertanyaan Via E-mail : Fantekom@yahoo.co.id

Terimakasih Sudah Berkunjung di WebSite :  FanTeknisiKomputer.co.cc  :-)

 

Keyword :  start